Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 12 Januari 2017

BCA DOLAR

*      BCA DOLLAR

BCA DOLLAR adalah simpanan masyarakat pada BCA, dalam mata uang Dollar Amerika (USD) atau Dollar Singapura (SGD) yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat menurut syarat-syarat tertentu. Bukti kepemilikan berupa kartu BCA Dollar.
(Gambar 2.6 : Kartu ATM BCA Dollar  Sumber: Google images)

1.    Latar Belakang diluncurkannya BCA Dollar :
v  Kebutuhan masyarakat
Masyarakat memerlukan produk simpanan yang aman dalam uang USD dan SGD yang danannya dapat ditarik sewaktu-waktu dan bisa  menarik dana rupiah dari ATM BCA.
v  Bank Kompetitor
Beberapa bank kompetitor  telah mengeluarkan produk simpanan dalam mata USD, misalnya Bank Danamon dengan Primadollar. Adanya BCA Dollar menambah kelengkapan jenis prooduk BCA.
v  Kebutuhan cabang
Agar nasabah cabang bertambah dengan adanya produk baru dari BCA yang memberikan banyak kemudahan dalam bertransaksi.
v  Kebutuhan dana valas
Sebagai sarana penghimpun dana dalam bentuk valuta asing (valas).
2.    Jenis nasabah :
v  Perorangan Dewasa WNI
v  Perorangan Dewasa WNA
3.    Fitur BCA Dollar :
v  Produk tabungan valas
v  Perorangan dewasa WNI / WNA
v  Mata uang USD dan SGD
v  Setiap bulan mendapatkan Rekening Koran Bca Dollar
4.    Manfaat :
1)      Bagi nasabah :
v  Sarana penyimpanan alternatif dalam bentuk valas
v  Mengurangi risiko depresiasi uang rupiah
2)      Bagi Bank :
v  Pengendapan dana valas
v  Penyalur dana untuk kredit valas
v  Pendapatan dari selisih kurs
v  Meningkatkan transaksi outward remittance / inward remittance

5.    Ketentuan dan persyaratan rekening BCA Dollar :
v Setoran awal minimum pembukaan rekening adalah USD 100 dan SGD 200 Nasabah telah cakap hukum dan telah berusia 21 tahun atau telah menikah.
v Perorangan dewasa WNI :
o  Kartu identitas (KTP/SIM/Paspor).
o  NPWP, bila tidak memiliki NPWP nasabah diminta mengisi surat pernyataan sebagai syarat administrasi.
v Perorangan dewasa WNA
o  Kartu identitas (paspor).
o  Kartu izin sementara / tetap (KITAS/KITAP).
o  NPWP.
o  Tidak berstatus join account.
o  Mengisi dan menandatanganki aplikasi permohonan.
o  Dikenakan biaya administrasi bulanan.
6.    Keuntungan memiliki BCA Dollar :
v Pemilik rekening tabungan akan mendapatkan kartu BCA Dollar yang berfungsi sebagai kartu identitas sekaligus akses pada ATM BCA, selain itu nikmati juga fasilitas KlikBCA, m-BCA dan BCA by phone.
v Hanya dengan setoran awal USD 100 dan SGD 200, Anda akan menikmati suku bunga yang kompetitif yang dihitung berdasarkan saldo rata-rata bulanan.
v Setoran di counter dengan bank notes pecahan USD 100 mendapatkan fasilitas 1:1 sampai batas USD 50,000 / hari / rekening, selebihnya dikenakan biaya. Bank notes yang sudah disetor tidak dapat ditarik pada hari yang sama.
v Setoran ke rekening BCA Dollar dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA.
v Tarikan dalam bank notes USD dapat dilakukan 1:1 sampai batas USD 10,000 / bulan / rekening (selama persediaan di cabang masih ada), selebihnya dikenakan biaya. Penarikan dalam bank notes USD dapat dilakukan 1:1 di KCU dan KCP dibawahnya yang ditunjuk (berada dalam satu KCU).
v Tarikan bank notes di counter dengan jumlah di atas USD 1,000 harus konfirmasi sehari sebelumnya. Jika tidak, dikenakan biaya sebesar Rp. 100.000,- 
v Penarikan / penyetoran dan pemindahan BCA Dollar USD dalam Rupiah maupun dalam Valas Non-Tunai (misalnya penarikan untuk Outward Remittance, Travelers Cheque) dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA.
v Dapat melakukan transaksi penarikan di ATM BCA. (dalam mata uang Rupiah).
v Dapat melakukan transfer antar rekening BCA di ATM BCA, m-BCA, dan KlikBCA.
v Pengecekan saldo dapat dilakukan setiap saat di ATM BCA, m-BCA, KlikBCA dan BCA By Phone.
v Kita akan mendapatkan rekening koran setiap bulan yang dapat diambil di kantor cabang BCA atau dikirim ke alamat sesuai dengan permintaan kita.
7.    Setoran dan penarikan di BCA Dollar :
v Setoran bank notes pecahan USD100 mendapat fasilitas 1:1 sampai batas 50.000/hari/rekening (selebihnya dikenakan provisi). Bank notes yang disetor tidak dapat ditarik dihari yang sama.
v Setoran dengan bank notes USD pecahan kecil (USD 10, USD 20, USD 50) dan pecahan USD 100 kondisi tidak mulus, dapat disetorkan dengan provisi tertentu.
v Penarikan dalam bank notes USD atau SGD dapat dilakukan 1:1 dengan limit : USD 10.000/bulan/rekening dan SGD 5.000/bulan/rekening. (selama persediaan dicabang masih ada, selebihnya dikenakan provisi).
v Penarikan bank notes USD 1.000 harus di konfirmasi  sehari sebelumnya.
v Penarikan dana dan pemindahbukuan BCA Dollar dalam rupiah maupun dalam valas non tunai termasuk untuk outward remittance, dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA.
Rekening dengan layanan keuangan yang menguntungkan, merupakan pilihan tepat untuk kebutuhan layanan perbankan kita.  Salah satu hal yang menguntungkan bagi nasabah pemilik BCA dollar adalah dengan adanya promo gratis biaya telex. Seperti yang saat ini sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh BCA. Sekarang ini, BCA memanjakan nasabah pemilik rekening BCA dollar yaitu dengan mengadakan promo Gratis biaya telex untuk kiriman valas dalam mata uangyang sama, Jika sumber dana berasal dari BCA Dollar.



(Gambar 2.7: Transfer valas gratis, Sumber: Google images)
Sebagai seorang pebisnis yang sering melakukan pengiriman uang dalam valuta asing (transfer valas), biaya kirim (cable charges atau biasa disebut telex) tentu menjadi bagian penting dari biaya operasional yang harus diperhatikan, khususnya bagi nasabah yang tergolong aktif dalam melakukan transfer valas. Hal ini tak perlu dikhawatirkan jika pebisnis tersebut merupakan pemegang rekening BCA Dollar dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA).
Dengan adanya program promosi tersebut, maka biaya telex untuk transfer valas kini ditiadakan alias gratis jika sumber dana berasal dari BCA Dollar dalam mata uang yang sama. Program promosi ini berlaku mulai 16 Januari 2012 sampai sekarang. (Sebelumnya biaya telex untuk transfer valas dikenakan sebesar Rp 50 ribu).
Tentunya program promosi ini sangat menguntungkan bagi nasabah yang sering melakukan transaksi transfer valas dalam aktivitas bisnisnya sehari-hari. Syarat untuk dapat memanfaatkan fasilitas ini sangat mudah, nasabah cukup membuka rekening BCA Dollar di kantor cabang BCA terdekat.
Untuk membuka rekening BCA Dollar, nasabah cukup memulainya dengan setoran awal sebesar USD 100 atau SGD 200. Nasabah akan dibekali dengan kartu BCA Dollar yang berfungsi sebagai kartu identitas sekaligus dapat digunakan sebagai kartu akses ATM BCA. Menariknya lagi, nasabah dapat mengakses rekening BCA Dollar melalui www.klikbca.com, mobile banking BCA (m-BCA) dan phone banking BCA (BCA by Phone) untuk melakukan transaksi finansial maupun non finansial.

Dengan memiliki rekening BCA Dollar, nasabah dapat melakukan setoran maupun tarikan banknotes dengan kondisi mulus yaitu 1:1. Menariknya lagi, BCA Dollar juga menerima setoran banknotes USD dengan kondisi tidak mulus maupun pecahan kecil (USD 10, USD 20, USD 50). Nasabah akan mendapatkan rekening koran setiap bulan yang dapat diambil di kantor cabang BCA atau dikirim ke alamat sesuai dengan permintaan nasabah. Ini awalnya hanya berlaku sepanjang tahun 2012 saja yaitu 16 Januari 2012 sampai dengan 31 Desember 2012. Namun, promo ini diperpanjang hingga saat ini. Informasi ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para nasabah yang sering melakukan transaksi kiriman valas khususnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar